Pasang Motor Extra Fan AC

Apasih benda yang satu ini ??…  Hmm…

Motor Extra Fan AC

Motor Extra Fan AC

Fungsi Extra Fan AC :

Extra fan merupakan kipas untuk membantu kondensor AC agar maksimal dalam mengkondensasi gas freon(High pressure) dari kompresor menjadi zat cair, dengan kondisi kondensasi yang maksimal di harapkan sistem AC mobil bekerja secara maksimal dan hasilnya dingin so sejuk banget walau di siang hari.


Kegunaan extrafan begitu terasa banget terutama di saat siang hari atau kondisi jalanan yang macet, tentunya tanpa hembusan udara segar dan dingin sangat sulit kondensor untuk bekerja mengkondensasi freon agar menjadi cair, walhasil temperatur AC di kabin mobil menjadi naik alias kurang sejuk terasa di kulit kita.
Sering juga terjadi AC meledak karena sistem extrafan tidak bekerja, karena suhu kondensor yang tinggi serta pendinginan dari luar yang kurang, sehingga tekanan di dalam kondensor meningkat sehingga menimbulkan ledakan, ledakan sering terjadi pada selang yang pecah atau klem selang lepas karena tidak kuat menahan tekanan di dalam kondensor.

Motor Extra Fan AC yang sudah rusak

Motor Extra Fan AC lama yang sudah tidak berfungsi

Motor Extra Fan baru yang akan digunakan

Motor Extra Fan baru yang akan digunakan

 

Pemasangan motor extra fan di braket kipas AC depan radiator

Pemasangan motor extra fan di braket kipas AC depan radiator

Setelah selesai dipasang dan dicoba.

Setelah selesai dipasang dan dicoba

Demikian penjelasan pemasangan dan fungsi dari Extra Fan AC.

Salam – Wishnu WS (DTC-Jak525)

 

14 Responses to Pasang Motor Extra Fan AC

  1. Palun says:

    Thanks banget infonya Om Wishnu

    Ciri2 Motor Extra Fan AC udh mulai lemah (harus diganti) apa yaa?
    Kan kalo bisa sedia payung sebelum hujan alias lebih baik ganti dulu sebelum jebol.

    Salam,
    Palun SNG-542

  2. Tacho says:

    @Palun : Kalau gak salah ya, motor extra fan lemah, tinggal di lihat di grill depan taruna, ketika idle up AC menyala, motor extra fan akan menggerakkan kipas. kalo dah lemah, kipasnya gak akan muter. biasanya digetok pake obeng biar bisa muter lagi, sampai bener2 mati tuh motor extra fannya.. bisa di lihat motor extra fan lama yg gompal bagian atasnya karna digetok pake obeng, lantaran dah lemah.. semoga infonya bermanfaat.

  3. lajimin says:

    terima kasih bgt infonya om Wishnu.

    apa semua jenis Taruna sudah terpasang extra fan AC ini, ? atau semacam tambahan dari yang sudah ada ?
    mohon pencerahannya, belom mudeng om…maklum masih New pengguna taruna.

    Salam
    LG – JAK.0562

  4. Tacho says:

    @Om Lajimin, sepertinya taruna yg memiliki AC, ada extra fannya, karna berfungsi untuk membantu kondensor AC agar maksimal dalam mengkondensasi gas freon(High pressure) dari kompresor menjadi zat cair, dengan kondisi kondensasi yang maksimal di harapkan sistem AC mobil bekerja secara maksimal.

  5. wicakson says:

    Om Wisnu,

    Kasus yg sama ama mobil ane om, kipasnya mati. pantesan klo macet ac nya ga adem.
    Untuk biaya penggantian dan komponen brp om? Kata bengkel ane buat ganti motornya harus kuras freon?? apa bener tuh?
    klo bengkel rekomendasi buat taruna di daerah jakarta timur di mana om?

    • bambang puntodewo says:

      om wicakson, untuk yg extra fan ac KW plus pasang sekitar 250.
      untuk masalah kuras freon, saya g tau, om.

    • Wishnu says:

      Om Wicakson, sepengetahuan saya jika hanya ganti extrafan tidak diperlukan pengurasan freon, dengan asumsi AC masih dingin ketika dinyalakan. berbeda ketika extrafan mati dan dalam keadaan macet, otomatis AC akan terputus jika indikator temperatur naik melebihi dari normalnya. Jika ini terjadi, periksa juga keadaan radiator, lakukan servis radiator, karena komponen2 tersebut berhubungan dengan panas yang dihasilkan dari mesin.

  6. bambang puntodewo says:

    om wicakson, untuk yg extra fan ac KW plus pasang sekitar 250.
    untuk masalah kuras freon, saya g tau, om.

  7. wahyu says:

    om….. ane punya feroza ekstra fan diketok dulu baru fan berputar. kalo ganti yang kw kira2 tahan ngak dan kalo bisa merek apa dan kisaran harga berapa. mohon penjelasannya.

  8. Danna says:

    Brow… Greci saya extra fan nya kadang nyala, tapi kadang mati. Walaupun AC sudah di posisi ON. Penyakitnya di apanya ya? Mihin pencerahan. Thx.

  9. Wishnu says:

    Om Danna, untuk kinerja extrafan itu bergantung dari sensor, jadi akan on off sesuai peruntukannya dengan temperatur yg sudah ditentukan.

  10. adi darma says:

    selamat siang.. om saya mau tanya masalah AC taruna, pada saat dihidupkan pertama extra fan nya menyala dan acnya dingin namun setelah 15 menit kira2, extra fannya gak mau nyala dan ac nya menjadi panas ,, kira2 apa ya penyebabnya.. terimakasih om semua

  11. sumantri says:

    Asalamu’alaikum ..om…numpang tanya boleh kan…kenapa stir taruna saya kurang lembut ? kalau berjalan setelah belok nggak kembali secara otomatis dibantu diputar baur lurus kembali…tolong om…itu gejala apa sebenarnya pompanya sudah nggak bagus atau apanya om….trima kasih

  12. Om Wishnu, mohon infonya om, sya punya taruna efi 2003 brmasalah dng mesin yng ndut ndutan saat mesin panas, trutama wktu macet, it penyebabnya apa ya om.. Mhon pencerahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *